Pengaruh Game Dalam Kehidupan

Sumber Gambar : Kompas Citizen


    Game? Siapa sih yang ga kenal game? Dari generasi ke generasi, game selalu mengeluarkan fitur terbarunya. Dari RPG, FPS, race, dll. Game merupakan sebuah program/aplikasi media elektronik seperti komputer maupun smartphone yang dibuat dan diperuntukan untuk menghilangkan stress (buat mimin  penjelasan tersebut ga berlaku buat game flappy bird >.< ).
Sedikit penjelasan dari mimin,  kita sebagai manusia memiliki 2 bagian otak, yaitu otak  kiri dan otak kanan.
    Otak kiri memiliki sifat sistematis, logis, bekerja atas  kesadaran kita. Otak kanan ini memiliki beberapa sifat seperti lebih fleksibel, menerima hal-hal baru yang terkadang tidak logis, imajinatif,  penuh inovasi,  kreatif.
Ini yang dilakukan otak saat kita bermain game, mengkombinasikan otak kanan dan otak kiri.

    Apa sih dampak game bagi kehidupan sehari-hari? Disamping itu, game pasti memiliki peranan pada manusia. Dampak yang ditimbulkan ada 2 macam, yaitu dampak positif dan dampak negatif.
  
 Dampak positif
  • Meningkatkan koordinasi kerja mata dan tangan.
 Tangan akan menerima respon yang diberikan dari mata dan otak berupa gerakan.

  •  Meningkatkan konsentrasi.
 Konsentrasi pemain game akan meningkat karena tingkat kesulitan di game yang selalu bertambah. Pemain akan selalu mencari cara untuk menyelesaikan tugas, mencari celah dan kelemahan lawan, dan memonitor jalannya suatu permainan.

  •  Meningkatkan pengetahuan tentang bahasa Inggris. 
Secara tidak sadar, pemain akan mengetahui arti dari bahasa Inggris yang terdapat didalam game. Walaupun hanya beberapa kata yang mungkin sederhana. Banyak game yang mencantumkan bahasa Inggris didalamnya, mulai dari daftar menu, form login, nama item,  dll.

  •  Meningkatkan kemampuan mengetik.
Didalam game online, kita dapat berkomunikasi dengan pemain lain melalui fitur obrolan yang tersedia. Tak hanya dapat mengobrol dengan pemain dalam negeri, kita juga dapat menemukan pemain luar negeri dan dapat pula berkomunikasi melalui obrolan.


Bagaimana dengan dampak negatifnya? Apakah ada dampak negatifnya?
Tentu saja ada, yang telah dibahas sebelumnya. Berikut beberapa dampak negatif dari game.

 Dampak negatif
  • Kecanduan yang kuat dan berlebihan.
Seperti narkoba, game mengandung candu yang kuat didalammnya. Orang-orang tertarik dengan fitur, animasi, serta alur cerita didalam game yang selalu bertambah banyak. Memang membuat penasaran bagi kebanyakan pemain, sampai mereka menghabiskan banyak waktu yang terbuang demi menyelesaikan permainannya.

  • Dunia nyata yang terasing.
 Terlalu tertarik pada alur dan juga tugas yang terdapat dalam game, rasa penasaran pemain semakin tinggi. Mereka tak mau ketinggalan dengan game yang sedang berjalan sehingga menjadi lupa waktu Beberapa tugas di dunia nyata menjadi terbengkalai.

  • Pola hidup yang berubah drastis.
Tergiur akan happy hour (atau biasa kita menyebut paket malam) di warnet yang murah meriah dari harga normal membuat tertarik akan tawaran itu. Biasanya happy hour di jadwalkan dari tengah malam sampai pagi hari saat fajar menyingsing. Tentu saja kita terpaksa begadang. Tidur yang kurang dan pola makan yang teratur dapat menyebabkan hal yang negatif pada tubuh kita. Jangan heran jika penyakit-penyakit akan hinggap ditubuh kita.

  •  Hari-hari penuh pemborosan
 Setiap hari kita harus mengeluarkan uang sewa komputer dan koneksi internet. Belum lagi untuk kebutuhan game. Biasanya pemain game online akan membeli mata uang didalam game yang dimainkannya dalam bentuk Rupiah. Jika bermain dirumahpun harus mengeluarkan uang yang ditujukan untuk membeli kuota internet.

  • Mendorong melakukan hal-hal negatif
Banyak kasus yang telah terjadi atas pencurian ID maupun email pemain lain hanya untuk mencuri beberapa item berharga didalam ID yang dicuri tersebut, ataupun mengambil alih hak milik ID tersebut.  Tidak sekedar pencurian ID dan password. Orang yang sangat kecanduan memiliki kemungkinan untuk mencuri uang untuk keperluan bermain gamenya, misalkan saja uang orang tuanya.
Sumber Gambar : artfrombooks.com

  • Gaya bicara yang berubah
Banyak kita jumpai anak kecil di warnet berbicara yang tidak semestinya. Kata-kata yang terlontar dari anak-anak kecil tersebut sangatlah kasar dan kotor. Jika anak tersebut kalah dalam permainnya maka langsung terucaplah deret-deretan nama hewan di kebun binatang.

  •  Postur tubuh berubah
Berjam-jam di depan komputer dengan posisi membungkuk dapat merubah postur punggung kita. Pada posisi berdiri atau duduk, punggung dapat terlihat membungkuk.



    Nah jadi dapat mimin simpulkan bahwa "Bermain Game online itu boleh ,asalkan kita memperhatikan apa yang seharusnya kita hindari". Para orang tua juga hendaknya menghimbau dan memperhatikan anak-anak mereka. Tetapi jangan terlalu memperketat larangan akan bermain game, itu akan membuat anak melakukan sesuatu yang ekstrim demi bermain game.

    Kali ini ada sedikit kutipan yang akan terlontar dari mulut mimin (pfftt...)

Jadikanlah dunia yang semestinya kau jalani menjadi sesuatu yang mudah dijalani. Jangan mengubah suatu hal yang mudah menjadi berliku hanya karena mengikuti hawa nafsu

Previous
Next Post »

2 komentar

Klik Disini Untuk komentar
Admin
admin
February 23, 2015 at 7:19 PM ×

wih mantep atikelnya gans :D

oh iya jgn lupa kunbalnya ya gans

# readerartikel.blogspot.com

Reply
avatar
Unknown
admin
February 26, 2015 at 8:51 PM ×

Terima kasih Ilham buat kunjungannya.

Reply
avatar